Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenang Sejarah Perkembangan Ipod Dari Masa Ke Masa

Halo sobat audio, kali ini kita akan membahas sebuah perangkat legendaris besutan Apple, yaitu "Ipod". Tidak terasa sudah 21 tahun perangkat buatan apple ini telah mengudara, dan telah menemani kita untuk mengisi waktu luang maupun beraktifitas.

Beberapa hari yang lalu, kita di kejutkan dengan berita yang di umumkan oleh Apple, perusahaan asal California itu baru-baru ini mengumumkan akan memberhentikan kelajutan produksi ipod touch gen 7th. Di kutip dari mac world pada Kamis (12/5/2022), tahun ini adalah momen tutup usia bagi ipod.

Tampaknya perkembangan ipod dari tahun ke tahun sepertinya telah gugur di gempur dengan perkembangan teknologi smartphone dan juga era streaming service. Terlebih, penjualan ipod juga kian menurun setiap tahunnya, yang membuat Apple makin memantapkan diri untuk menyutik mati produk tersebut.

Saat pertamakali di luncurkan pada era 2000 an, ipod mengalami banyak perubahan mulai dari segi hardware maupun software. Mulai dari disign yang tebal sampai mini nan ramping seperti sekarang.

Kalian penasaran ga sih bagaimana tampilan ipod dari masa ke masa yang dulu sempat populer itu ? Yuk simak langsung lewat foto-foto di bawah.

1. iPod 1st Gen

freeimages.com

Generasi pertama dari pemutar musik legendaris itu di luncurkan pada 2001, kehadirnya mengubah industri musik portabel saat itu karena dapat menyimpan 1.000 lagu. Seri ipod ini memiliki dua varian kapasitas penyimpanan sebesar 5GB (sekitar 1.000 lagu) dan 10GB (sekitar 10.000). 

generasi pertama ipod memiliki disign yang sangat ikonik denga scroll wheel dan body yang tebal dengan bobot 6,5 ons. Pada tahun itu ipod di jual dengan harga $399 untuk saat ini kalian bisa dapatkan haraga yang lebih murah lewat beberapa e commerce

2. Ipod 3st Gen

am steve.in

Ipod satu ini merupakan penerus dari ipod 1st yang di luncurkna pada tahun 2003. Generasi ke tiga dari ipod ini memiliki disign yang mirip dengan sebelumya hanya saja lebih tipis, lebih membulat, dan lebih ringan.

Apple juga menambahkan beberapa perbaikan seperti konektor dock untuk koneksi ke komputer (mengganti port Fire Wire) dan audio out untuk koneksi ke komputer. keempat tombol sekarang memiliki lampu latar dan terleatak berjajar di atas roda sentuh (model sebelumnya memiliki tombol yang di tempatkan di sekitar roda).

3. iPod Mini

cgtrader.com

Perangkat yang di rilis pada tahun 2004 ini memang mengusung desain yang lebih kecil dan tipis dari ipod sebelumnya. Sayangnya, tak hanya desainya saja yang kecil tapi kapsitas penyimpananya pun juga ikut kecil yakni hanya tersedia dalam dua model 4GB dan 6Gb.

Setahun berlalu, apple kemudian merilis model generasi ke dua yang menyertakan varian 8GB, dan menjatuhkan opsi warna emas. Meskipun ipod mini hanya bertahan dalam waktu singkat, ipod mini hampir di minati sepanjang waktu.

4. iPod 4th Gen

ebay.com

Di tahun yang sama saat perilisan ipod mini, Apple juga merilis ipod 4th gen yang awalnya di rilis dengan layar hitam putih. Dari segi tampilan semuanya masih sama, memiliki bagian belakang krom dan tepi bulat yang halus seperti sutra.

Perubahan paling menonjol dari ipod baru ini adalah kapasitas batrai yang lebih besar, itu membuatnya mampu bertahan selama 12 jam pemakaian. Beberapa waktu setelahnya, apple meluncurkan ipod 4th gen dengan varian layar berwarna.

5. iPod U2 Edition

appleinsider.com

Secara ekslusif, apple juga merilis varian ipod dalam varian alias model U2. Untuk spesifikasinya sebenarnya hampir sama dengan ipod 4th gen bedanya hanya pilihan warnanya saja.

Pembaruan kosmetik ipod 30GB standar, menampilkan roda klik merah, tanda tangan pita U2 terukir, dan komponen logam/plastik bagian atas, bawah, dan belakang berwarna lebih gelap. Termasuk kode "gratis" untuk unduhan itunes dari vidio U2 berdurasi 33 menit.

6. iPod Shuffle 1st Gen

en.wikipedia.org

Ipod ini merupakan yang pertama menggunakan pernyimpanan berbasis flash. Uniknya, ipod yang di luncurkan pada tahun 2005 ini penampilanya memang mirip dengan usb flash drive.  Selain memiliki body yang panjang, ipod ini juga mengusung usb removable cap.

Apple melengkapi shuffle asli dengan antramuka super sederhana yang dapat di oprasikan tanpa melihat ipod secara langsung. Hebatnya, daya tahan baterai shuffle mengalahkan semua pemutar musik audiophile moderen pada zamannya.

7. iPod Nano 1st Gen 

inet.detik.com

Ipod nano generasi pertama adalah salah satu perangkat apple dengan disign terbaik. Ipod nano 1st gen ini di klaim dengan ketebalan paling tipis yakni 0,3inch saja.

Di luncurkan pada tahun 2005 bersamaan dengan ipod shuffle,pemutar music berbasis flash ini menawarkan fitur yang menarik. Ipod nano memiliki layar warna cerah yang memanfaatkan kemampuan foto ipod yang lebih besar, meskipun mudah di ketahui layar nano mudah tergores.

8. iPod 5th Gen

theverge.com

Ipod satu ini merupakan ipod yang di klain mempunyai bentuk paling besar alias bongsor. Lewat ipod yang di luncurkan pada tahun 2005 ini kamu tak hanya bisa mendengar musik tapi menonton vidio dan TV show.

Ipod 5th gen ini di jual dengan dua varian, model 30GB di tawarkan dengan seharga $299 dan 60GB di tawarkan seharga $399. Setahun kemudian apple membuat pembaruan untuk ipod 5th gen yang mecakup bagian layar lebih cerah, waktu pemutaran vidio yang lebih lama, perangkat keras decoding vidio yang di tingkatkan earphone yang baru di rancang dan mesin pencarian. Kabar baiknya apple juga mengganti model 60GB dengan model 80GB, dan harga di potong sebesar $50 untuk model 30GB ($249) dan 80GB ($349).

9. iPod touch 1st Gen

theverge.com

ipod yang resmi di perkenalkan pada tahun 2007 ini memang memiliki bentuk dan desain antarmuka yang mirip dengan iphone kala itu. Apple ipod touch memiliki layar besar yang layak untuk vidio, antarmuka mutakhir, dan wifi internet, email, dan kemampuan mengunduh musik.

Saat peluncuranya apple menwarkan ipod 1th gen touch dalam taiga varian kapasitas penyimpanan, yaitu 8GB ($299), 16GB ($399), dan 32GB ($499). Kabar buruknya hanya tersedia dua tombol di ipod touch 1st gen: sebuah tombol di muka untuk memanggil menu utama, dan tombol penonaktif layar terdapat di tepi kiri atas casing.

10. iPod classic

unsplash.com

Di rilis bersamaan dengan ipod nano generasi ketiga yang baru, ipod classic baru menawarkan casing logam yang di sempuranakan, antarmuka grafis baru yang sama dengan nano, dan kapaswitas batrai dan penyimpanan terbanyak dari semua model ipod (pada tahun itu). Namun, ipod classic mungkin menandakan akhir jalan untuk ipod berbasis hard disk drive, karena apple secara agresif memindahkan seluruh jajaran pemutar medianya ke penyimpanan memory flash.

Saat apple memindahkan ipod ke fungsi seperti iphone, penggunaan hard drive untuk penyimpanan menjadi tidak dapat di jalankan karena dayanya habis. Iphone atau ipod touch berbasis hard drive akan bekerja sperti laptop membutuhkan batrai jauh lebih besar untuk menghasilkan lebih dari beberapa jam runtime. Itu akan membuatnya jauh lebih besar dan lebih berat.

11. iPod nano 5th gen

ebay.de

Versi terbaru dari ipod nano ini, kini memiliki sejumlah vitur audio-vidio yang tergoong komplit. Selain itu ipod ini juga bisa di gunakan untuk melakukan perekaman vidio.

Apple juga membenamkan beberapa fitur menarik seperti: radio, fitu pembakar lemak di ipod nano yang membuatnya tampil semakin simpel, dan elegan, seperti sifat yang selalu di usung apple. Ipod nano 5th gen memiliki Padometer yang membuatnya bisa menghitung langkah saat berjalan ataupun berlari, kemudian mengkalkulasikan juga, beberapa kalori lemak yang telah 'terbakar' dari tubuh kita.

12. iPod touch 4th gen

flickr.com

ipod yang di luncurkan pada tahun 2010 ini mengusung dua kamera. Yakni kamera belakang, dan satu kamera depan untuk facetime.

Ipod touch 4th gen memang tersa sedikit tertinggal jika di bandingkan dengan saudaranya, 'iphone' tidak ada gps, dan koneksi 3G. Di balik kekuranganya apple menawarkan ipod touch 4th gen dengan harga yang sebanding, yaitu $199 untuk kapasitas 16GB jadi anda bisa menyimpan $30 di dompet.

13. iPod shuffle 4th gen 

trustedreviews.com

Bisa di bilang ipod satu ini mengusung bentuk yang paling kecil dari semua pemutar musik yang pernah di luncurkan oleh apple pada tahun 2010. Asyiknya, banyak pilihan warna menarik dan mencolok yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Dengan bentuknya yang kecil dan sederhan, perangkat ini cocok di gunkan saat joging atau orang yang menginginkan portabelitas ultra ringan karena memiliki klip terintegerasi. Di balik semua fitur yang di tawarkan ipod shuffle, ini adalah perangkat yang mempunyai solusi bagi orang yang mencari pemutar musik dengan budget terbatas dan mengutamakan kualitas audio.

14. iPod nano 7th Gen 

apple.com

Ipod nano apple sekarang dalam generasi ke-7, dan seperti produk apple baru lainya yang di rilis pada september 2012, telah mengalami perubahan yang signifikan dari pendahulunya. Ukuran layar telash meningkat menjadi 2,5 inci persegi panjang dari sebelumnya 1,55 inci persegi, membuanya lebih mudah untuk membaca dan menggesek antarmuka lcd multi-sentuh.

Ipod nano pada dasarnya adalah pemutar media khusus, seperti ipod touch yang di pretelii. Tanpa wifi atau data seluler, tidak ada aplikasi penjelajah internet atau game yang tersedia - akibatnya ipod nano generasi ke-7 hanya tersedia dalam 16GB, seharga $149

15. Ipod touch 7th Gen

gsmarena.com

Apple ipod touch generasi ke 7 di rilis pada mei 2019, ini merupakan seri pemutar musik legendaris terahir yang di rilis oleh apple. Cipset yang di benamkan pada ipod touch 7th gen adalah A10 Fusion, cipset yang juga di gunakan oleh iphone 7.

ipod touch merupakan perangkat yang populer sebagai alternatif yang lebih murah dari iphone mungkin akan bertahan beberapa tahun lagi. Perangkat terahir di perbarui pada tahun 2019 dan berharga $199. Bandingkan iphone termurah pada portofolio apple: SE, yang berharga $429. Tetapi dengan begitu banyak cara lain untuk mendapatkan musik, Apple tidak lagi menganggap ipod itu perlu.

Nah, itulah sobat tampilan ipod dari masa ke masa. keren bukan ? dari pemutar musik konvensional menjadi perangkat yang serba bisa dan hampir menyamai iphone.

Tapi sayang sekali perjalanan ipod harus berhenti karena di gerus oleh zaman. Semoga artikel ini bermanfaat, semikan dari saya, dan saya ucapkan terimakasih sudah membaca sampai akhir.

Posting Komentar untuk "Mengenang Sejarah Perkembangan Ipod Dari Masa Ke Masa"